Your Ad Here

Minggu, 07 Februari 2010

Flash Memory Teknologi 25nm (nanometer)

Pada hari Senin, Intel dan Micron hari ini diharapkan untuk mengumumkan bahwa dua perusahaan itu memperkenalkan memori NAND 25nm pertama di dunia berbasis teknologi flash . Menurut Intel dan Micron, perangkat 8 G 25nm saat ini baru sampel, dan diperkirakan akan memasuki produksi massal sebelum paruh kedua tahun 2010. Sebagai teknologi NAND terkecil sedang digunakan, maka proses 25-nm ukuran cukup mewakili perbaikan dari teknologi 34 nm yang diluncurkan pada tahun 2008.Proses yang baru dapat menghasilkan penyimpanan 8GB NAND dalam satu perangkat, dengan besar hanya 167 mm-persegi cukup kecil untuk masuk melalui lubang di tengah-tengah CD, dan jelas lebih kecil dari satu sen.Karena ini adalah memori flash NAND generik, ini dapat digunakan untuk apa saja yang memerlukan penyimpanan flash: kamera digital, MP3 player, dan solid-state disc (SSD).

Pada sebuah dadu ukuran dari 167 mm persegi, yang keren 300mm harus dapat memproduksi lebih dari 400 dadu hanya per wafer, Analisis Objektif mengatakan dalam sebuah laporan riset yang dirilis hari Jumat. Hal ini memberikan biaya produksi sekitar $ 4.00 per chip, atau $ 0.50/GB, kata perusahaan.

"Sejak harga NAND flash telah jatuh sekitar $ 2.00/GB selama setahun terakhir, dan tampaknya siap untuk melanjutkan pada harga melalui tahun 2010, proses 25nm akan memberikan perusahaan- perusahaan peningkatkan margin yang signifikan atas chip 34nm mereka saat ini biaya yang kami perkirakan pada $ 1.00/GB, "kata Analisis Objektif.

Dalam sebuah presentasi di IMFT Lehi, Utah, fabrikasi pabrik Kamis lalu, Brian Shirley, Vice President of Micron's Memory Group, menggambarkan ukuran 25nm dengan perbandingan ini: "Jika rambut manusia adalah satu mil lebar, teknologi 25nm akan sama dengan 21 inci. "

Teknologi flash yang baru memiliki sekitar dua kali kerapatan tertinggi kapasitas 34nm, tetapi dengan ukuran yang kurang lebih sama.Proses yang mendukung 25nm Open NAND Flash Interface (ONFI) 2.2 sumber sinkron interface, memberikan output hingga 200 Mbit / s.

Sebuah pernyataan dari Intel dan Micron mengklaim bahwa "perangkat menyediakan kerapatan tertinggi dalam satu 2 bit-per-sel multi-level cell (MLC) yang sesuai dengan standar industri, garis tipis-paket kecil. Proses menurunkan chip menghitung dengan 50 persen dibandingkan dengan generasi sebelumnya, menurut perusahaan, dan akan membiarkan OEM menyusun 256-GByte solid-state drive dengan hanya 32 perangkat sebagai lawan dari sebelumnya-yang diperlukan 64.

proses 25nm ini dibuat oleh IM Flash Technologies (IMFT), Intel dan Micron yang didirikan sebagai usaha patungan di 2006, dan mewakili ketiga dalam proses penurunan ukuran sejak IMFT yang memiliki proses 50nm.

Kedua perusahaan itu belum merilis rincian tentang rencana lebih lanjut untuk proses masa depan pengurangan, tapi Shirley mengusulkan agar proses yang lebih kecil mungkin masih akan datang. "Masih ada banyak landasan tersisa dalam NAND," katanya. "Laporan dari akhir pengembangan telah dibesar-besarkan."
Share on Twitter

0 komentar:

Posting Komentar